Monday, July 18, 2016

AKIDAH DAN AKHLAK 3 UNTUK KELAS IX MADRASAH TSANAWIYAH

AKIDAH DAN AKHLAK 3
UNTUK KELAS IX MADRASAH TSANAWIYAH

MATA KULIAH
PENDALAMAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

PROGRAM STUDI
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM



DOSEN MATA KULIAH
Dr. H. SUKARNI, M.Ag
Dr. H. FAISAL MUBARAK, M.Ag


OLEH
M. BAIDILLAH
NIM. 1402521312


PASCA SARJANA
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI ANTASARI
BANJARMASIN
2015


KATA PENGANTAR

Dengan mengucap Alhamdulillah puji syukur kehadirat Allah SWT, yang senantiasa selalu melimpahkan rahmat, taufik dan hidayahnya kepada kita semua. Shalawat dan salam atas junjungan jkita Nabi besar Muhammad SAW beserta sahabat, kerabat dan orang-orang yang mengikuti langkah beliau hingga akhir zaman. Sehingga penyusun dapat menyelesaiakan makalah ini yang berjudul “PENDALAMAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATA PELAJARAN AKIDAH DAN AKHLAK 3 UNTUK KELAS IX MADRASAH TSANAWIYAH “.
            Penyusunan makalah ini dimaksudkan untuk memperluas wawasan dalam rangka memperbanyak ilmu pengetahuan dan juga sebagai salah satu syarat yang wajib di penuhi. Penyusun sepenuhnya sangat menyadari bahwa penulisan makalah ini masih banyak kekurangannya di sebabkan keterbatasan pengetahuan penyusun oleh karena itu penyusun mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dari berbagai pihak demi kesempurnaan makalah ini yang akan datang.
            Dalam proses penyelesaian makalah ini kami menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada :
Bapak Dr. H. SUKARNI, M.Ag dan Dr. H. FAISAL MUBARAK, M.Ag selaku dosen mata kuliah Pendalaman Materi Pendidikan Agama Islam
            Akhirnya penyusun mengharapkan semoga makalah yang sederhana ini dapat bermanfaat bagi diri penyusun maupun bagi orang lain.
                                                                                    Banjarmasin,                          2015
                                                                                                       
                                                                                                       Penyusun



DAFTAR ISI
                                                                                   
Halaman Judul
……………………………………………..………………………
i
Kata Pengantar
…………………………..…………………………………………
ii
Daftar isi
……………..………………………………………………………
iii



BAB I
PENDAHULUAN………………...………………......…………..
1

A. PENGERTIAN AKIDAH AKHLAK .......................................
1

B. DASAR AKIDAH AKHLAK ………………..................……
1

C. TUJUAN AKIDAH AKHLAK ……………..............................
2



BAB II
PEMBAHASAN ..............................................................................
4

A. BUKU ..........................................................................................
4

B. DAFTAR ISI BUKU ...................................................................
4

C. PEMBAHASAN ISI BUKU ......................................................
5



BAB III
PENUTUP ……………………………………………...………...
28

 Simpulan ………………………………………………………….
28



DAFTAR PUSTAKA               





BAB I
PENDAHULUAN

A. Pengertian Akidah Akhlak
Menurut  bahasa,  kata  aqidah  berasal  dari  bahasa  Arab  yaitu artinya  adalah  mengikat  atau  mengadakan  perjanjian.  Sedangkan  Aqidah  menurut  istilahadalah  urusanurusan  yang  harus  dibenarkan  oleh  hati  dan  diterima  dengan  rasa  puas  serta  terhujam  kuat  dalam  lubuk  jiwa  yang  tidak  dapat  digoncangkan  olehbadai  subhat  (keraguraguan).  Dalam  definisi  yang  lain  disebutkan  bahwa  aqidah  adalah  sesuatu  yang  mengharapkan  hati  membenarkannya,  yang  membuat  jiwatenang tentram kepadanya dan yang menjadi kepercayaan yang bersih dari kebimbangan dan keraguan.
Berdasarkan  pengertianpengertian  di  atas  dapat  dirumuskan  bahwa  aqidah  adalah  dasardasar  pokok  kepercayaan  atau  keyakinan  hati  seorang  muslim  yang bersumber dari ajaran Islam yang wajib dipegangi oleh setiap muslim sebagai sumber keyakinan yang mengikat
Sementara  kata “akhlak”  juga berasal  dari bahasa Arab, yaitu  [ﻖﻠﺧ] jamaknya   [ﻕﻼﺧﺃ]  yang artinya  tingkah  laku, perangai  tabi’at,  watak, moral  atau  budi pekerti.  Dalam Kamus  Besar  Bahasa  Indonesia,  akhlak  dapat  diartikan  budi  pekerti,  kelakuan.  Jadi,  akhlak  merupakan  sikap  yang  telah  melekat  pada  diri  seseorang  dan  secara spontan  diwujudkan  dalam  tingkah  laku  atau  perbuatan.  Jika  tindakan  spontan  itu  baik  menurut  pandangan  akal  dan  agama,  maka  disebut  akhlak  yang  baik  atau akhlaqul  karimah,  atau  akhlak  mahmudah.  Akan  tetapi  apabila  tindakan  spontan  itu  berupa  perbuatanperbuatan  yang  jelek,  maka  disebut  akhlak  tercela atau akhlakul madzmumah.

B. Dasar Akidah Akhlak
Dasar  aqidah  akhlak  adalah  ajaran  Islam  itu  sendiri  yang  merupakan  sumbersumber hukum  dalam  Islam  yaitu  Al  Qur’an  dan  Al  Hadits.  Al  Qur’an  dan  Al  Hadits adalah  pedoman  hidup  dalam  Islam  yang  menjelaskan  kriteria  atau  ukuran  baik  buruknya  suatu  perbuatan  manusia.  Dasar  aqidah  akhlak  yang  pertama  dan  utama adalah  Al  Qur’an  dan.  Ketika  ditanya  tentang  aqidah  akhlak  Nabi  Muhammad  SAW,  Siti  Aisyah  berkata.”  Dasar  aqidah  akhlak  Nabi  Muhammad  SAW  adalah  Al Qur’an.” Islam  mengajarkan  agar  umatnya  melakukan  perbuatan  baik  dan  menjauhi  perbuatan

Selengkapnya klik tombol downlod

No comments:

Post a Comment