Friday, July 28, 2017

2.1a_Analisis SKL-KI-KD-IPK-Silabus/2.1 a. Tematik/2.1. a. Handout Perumusan Indikator Edisi Revisi 13 Maret 2017

2.1. a. Handout Perumusan Indikator Edisi Revisi 13 Maret 2017

Handout : Perumusan  Indikator

Pengertian
Indikator adalah perilaku yang dapat diukur dan/atau diobservasi untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar (KD) tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran, (Mulyasa, 2007:139).

Fungsi

Fungsi indikator antara lain sebagai pedoman dalam:
1.        Mengembangkan materi pembelajaran atau bahan ajar.
2.        Mendesain kegiatan pembelajaran.
3.        Merancang dan melaksanakan penilaian hasil belajar.

Ketentuan Merumuskan Indikator

1.        Indikator dirumuskan dari KD.
2.        Menggunakan kata kerja operasional (KKO) yang dapat diukur.
3.        Dirumuskan dalam kalimat yang simpel, jelas dan mudah dipahami.
4.        Tidak menggunakan kata yang bermakna ganda.
5.        Hanya mengandung satu tindakan.
6.        Memperhatikan karakteristik mata pelajaran, potensi dan kebutuhan peserta didik, sekolah, masyarakat dan lingkungan/daerah.

Langkah-langkah Merumuskan Indikator


A. Menganalisis tingkat kompetensi yang digunakan pada KD


1.        Memahami Kata Kerja Operasional dalam Taxonomi Bloom


No comments:

Post a Comment